Tuesday, March 8, 2022

Review Buku #Bebas Takut Hamil dan Melahirkan

    Calling all Mama, calon ibu, calon istri, bahkan yang masih gadis pun bisa ya baca buku ini,..
Pada kesempatan ini, saya akan mereview buku berjudul "Bebas Takut Hamil dan Melahirkan" yang ditulis oleh Bidan Yesie Aprilia, beliau dikenal sebagai pelopor dan pioner gentle birth di Indonesia. 
Buku ini terdiri dari 213 halaman; terbagi menjadi 2 bab yaitu Rayakan Kehamilanmu dan Melahirkan Nyaman.



    Dalam bab pertama, penulis memaparkan tentang betapa kita sebagai perempuan harus bersyukur akan karunia dari Sang Maha Pencipta atas kehamilan. Ya, betapa Allah sudah mendesain tubuh para wanita untuk dapat mengandung dan melahirkan, karena itulah para calon ibu harus mensyukurinya dengan cara-cara seperti: memberdayakan diri, merawat tubuh dan janin selama di dalam kandungan, menjaga kesehatan emosi, menghormati jiwa, belajar untuk lebih peka dan mendengarkan janin, lebih mengenali tubuh kita dalam memberikan sinyal selama masa kehamilan. Lebih lanjut, penulis juga mengajak calon ibu untuk melakukan prenatal gentle yoga sebagai salah satu bentuk syukur dan sebagai persiapan menuju kelahiran si buah hati. Sebagai penutup bab pertama, buku ini memberikan gambaran "birth plan" yang dapat kita terapkan sebelum melahirkan.

    Selanjutnya pada bab kedua, penulis mengajak kita mengetahui tentang tahapan dalam persalinan, juga bagaimana melakukan afirmasi positif saat proses melahirkan. Selain itu, kita juga bisa mengetahui informasi seputar apa saja yang seharusnya dan bisa dilakukan oleh support system kita baik itu pasangan (calon ayah) maupun keluarga yang akan mendampingi ibu selama persalinan.Tak ketinggalan juga, sebagai penutup bab kedua, penulis memberikan ilustrasi template "daily routine" selama kehamilan dan "gratitude list" sebagai sarana untuk para pembaca yang ingin berlatih mengisi template tersebut sebagai ajang menambah kesyukuran atas karunia kehamilan yang dianugerahkan oleh Allah.

Well, gimana bu ibu..? cukup padat merayap kan ya? Tapi percaya deh, membaca buku ini tuh ga akan bosan lho,.. karena bahasa nya sungguh lugas, mudah dipahami, dan menurut saya hampir setiap kalimatnya mengandung hal positif yang membuat pembaca mengangguk-angguk tanda setuju dan mengaminkan pemikiran penulisnya.

    Dua bab yang tersaji dalam buku tersebut, menurut saya isinya daging semua dan sangat powerfull dalam membawa pemikiran kita untuk mengusahakan, memberdayakan tubuh dan diri kita yang sudah dilengkapi dengan "aksesoris" terbaik dari Sang Maha Pencipta menjadi lebih siap dan lebih prima dalam mempersiapkan kelahiran si jabang bayi. Melalui buku ini juga pembaca diajak berkenalan dengan bayi sejak di dalam kandungan, hingga kita mengetahui bahwa bayi yang akan keluar dari rahim kita ini sejatinya sangat pintar karena secara alami dapat mencari jalan keluarnya sendiri dan bisa memberikan sinyal-sinyal kepada si ibu. Buku ini membawa ‘message’ besar yang meyakinkan semua wanita bahwa tubuh kita ini sangat spesial dan telah didesain sedemikian sempurnanya untuk melahirkan bayi yang juga merupakan makhluk yang pintar bahkan sejak sebelum lahir ke dunia. Pesan utama lainnya dari buku ini adalah bahwa dengan anugerah tersebut, maka para calon ibu dapat mempersiapkan diri lahir dan bathin secara optimal untuk melahirkan secara alami (terlepas melalui prosedur lahir normal maupun sesar ya) dengan  tenang, nyaman, dan minim trauma. 

Hal lain yang saya suka adalah penulis membahas detil tentang fase-fase melahirkan seperti tahapan kontraksi, lengkap dengan gambar dan tips serta apa saja yang sebaiknya dilakukan calon ibu pada tiap fase kelahiran. Gaya penuturannya pun simpel dan informatif. Buku ini juga memberikan ceklis apa saja yang perlu disiapkan saat survey tempat melahirkan lengkap dengan alternatifnya. Membaca buku ini benar-benar paket komplit deh buat para calon ibu. 

    Sejujurnya saya membaca buku ini sudah hampir telat yaitu ketika memasuki trimester ketiga kehamilan anak pertama saya. Tetapi saya rasa tetap lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali dalam kebaikan ya..Karena membaca buku yang kita yakini bermanfaat insha Allah akan  mendatangkan kebaikan dan menambah wawasan kita, jadi.. saya tetap kebut baca buku ini waktu itu. 
Dan terbukti,, saya yang tadinya tidak mengerti tentang melahirkan, yang tadinya deg-degan dan over thinking menjelang persalinan, alhamdulillah setelah membaca buku ini (walaupun marathon bacanya) jadi lebih rileks, lebih siap dalam menyambut kelahiran anak pertama. Setidaknya setelah baca buku ini, saya ga buta-buta banget soal melahirkan dan jadi bisa legowo menerima keadaan saya saat lahiran. Ketika saat itu saya mengalami ketuban pecah dini pun, alhamdulillah saya tetap tenang dan bisa mengelola "self control" dengan lebih baik.
Meskipun memang akan lebih baik jika saya bisa membacanya lebih awal, karena dalam buku ini ada juga panduan gerakan-gerakan prenatal yoga praktis yang seharusnya bisa lebih rutin saya praktekkan.
Dari buku ini pula, saya baru tahu bahwa selain berpikir positif, latihan pernafasan yang tepat adalah salah satu kunci kita dapat menghadapi persalinan dengan lebih tenang dan nyaman. 

Demikian review dari saya, semoga bermanfaat ya…😊😊

Buku ini menurut saya sangat rekomen dibaca oleh calon ibu, bahkan yang sudah punya anak pun tetap relevan baca ya, siapa tahu kan berencana mau punya anak lagi.. he he..

PS: bisa juga sih kalau mau dikadoin untuk teman atau saudara yang mau punya anak. 

Selamat membaca ya.. ! 

Salam literasi 📚📖

#reviewbuku #rabuku #ibuprofesionaltangsel #rumbelliteracyiptangsel #iptangsel



1 comment:

  1. Reviewnya kumplit deh mba, suka.
    Jadi booklist buat kehamilan nanti ah, aamiin
    makasi rekomendasinya mba alif

    ReplyDelete