Sunday, May 1, 2016

Pengalaman Nonton Film di Bioskop Inggris

Hm,,dari judulnya aja bisa kebayang nggak sih kenapa saya musti nulis tentang ini?
hehehe.. kalau anda menjawab karena salah satu hobi saya adalah nonton film di bioskop, berarti anda benarr...

Iya, sebenarnya saya agak lupa sejak kapan saya doyan nonton film di bioskop. Sepertinya dari jaman film AADC (Ada Apa Dengan Cinta) nya Dian Satro itu lhooh..berarti jaman SMA yaa..? (duh jadi ketauan dehh angkatan umur sayaa) :P
haha lhaa emangnya ada bioskop di kota saya?
dengan tegas saya jawab, enggak adaaa!
trus, gimana caranya itu nonton AADC?
(dilarang ketawa yaaa)
jadi ceritanya saking happeningnya itu film jaman dulu, sampe iklannya bertebaran kan di semua majalah remaja (eits, meskipun nggak ada bioskop, saya juga dulunya ngikutin tuh majalah mingguan model-model Kawanku, Gadis, Aneka. hahaha). saya bela-belain lah ke Jogja untuk bisa nonton filmnya di bioskop Mataram. Tapi ke Jogja nya bukan cuma buat nonton film yaa. tapi karena emang ada kepentingan bareng keluarga, jadi sekalian deh bisa nonton film hits itu.

gambar bioskop di birmingham
source: dokumen pribadi

Back to hobi saya, semenjak itu, ketika saya udah kuliah di Jogja, (lagi-lagi Jogja ya) memang saya sering banget nonton di bioskop bareng teman-teman kuliah. Hobi ini juga berlanjut di bangku kuliah, eh bangku kerja. Apalagi, saya kos di area setia budi, yang jaraknya cuma sepelemparan batu aja sama Setia Budi One, makin menjadilah kebiasaan nonton film hampir sekali seminggu atau paling banter dua kali dalam sebulan.  Setelah menikah, hobi inipun semakin tersalurkan. Gimana enggak? lha pak suami ini kegemaran nonton filmnya berlipat-lipat melebihi sayaaa.. ahahaha. Jadilah rutinitas seminggu sekali ke bioskop itu tetap terjaga hingga sampai sebelum berangkat ke Inggris. (apa sih ini pake bahasa rutinitas).

Nah, berbicara tentang nonton film di bioskop di sini,, ya banyak bangetlah bedanya dengan di Indonesia. Pertama, soal harga tiket. Harga tiket nonton film di UK itu dua kali lipatnya di Indonesia. Bisa dibayangkan donk, bagaimana sakit hatinya ketika memesan tiket bioskop di sini..
Kedua, Interior di dalamnya. Disini, interior bioskopnya menurut saya lebih minimalis, intinya dekorasinya minimalis dan suasananya tidak seheboh di Indonesia ya. Sebagai contoh di Jakarta aja tuh, bioskop biasanya sudah heboh dengan gerai penjual snack dan minuman untuk teman nonton film. Penjual nya pun sudah ramai berteriak-teriak memanggil pengunjung sambil menawarkan si popcorn, snack, dan minumannya. Jadi kerasa banget di sini berasa sepiii hehehe...

Perbedaan berikutnya adalah masalah waktu mulai tayang si film nya. Jika di Indonesia waktu mulai film diputer adalah exactly the same with yang tertera di jadwal dan yang tercetak di tiket (yaa.. paling banter meleset 5 menitan), maka di sini film ditayangkan minimal 30 menit setelah jam yang tercetak di tiket. haa..? lama banget kan 30 menit, dan itupun minimal lo sodara-sodara..*tepok jidat saya sendiri..kalo tepok jidat petugas bioskop nya tangan kagak nyampe, secara tingginya aja dah mirip tiang listrik..hihi
Jadi, sekitar 30-45 menit pertama dari jadwal filmnya, kita akan disuguhi iklan dan trailer film terlebih dahulu sebelum menyaksikan film yang kita mau. Alamak...saking lamanya, saya sering hampir tertidur waktu pemutaran iklan itu.

Hal lain yang lumayan beda adalah pengecekan tiket. Perbedaan yang cukup signifikan deh dengan bioskop di Indonesia. Kalau di Indonesia, sebelum masuk teaternya, pasti deh ada mbak-mbak atau mas-mas yang udah siap nyobekin tiket yang kita pegang, sambil bilang ke arah mana tempat duduk kita. Nah, kalau di Inggris ini, tiket cuma ditunjukkin ke petugas di lantai bawah atau minimal di dekat pintu utama bioskop, lalu pada saat akan memasuki teater, tidak akan ada lagi pengecekan tiket on the spot. Ini kalau manusianya jahat, udah bisa deh nonton berkali-kali, tinggal pindah-pindah aja dari teater 1 ke teater 2, begitu seterusnya. Lha wong beneran kagak ada petugas yang jaga dan meriksa tiket lagi lho..Ah, tapi saya sih orangnya ga gitu ya..kalau kata pak suami sih ga boleh gitu, nanti ga berkah, hehehe..

salah satu sisi dinding bioskop di UK
source: dokumen pribadi
Pengalaman lain adalah ketika suami bulan lalu mengajak saya nonton IMAX nya Batman vs Superman. Sebelum masuk ke teaternya, kacamata 3D (yang rapi terbungkus plastik) pun dibagikan oleh petugas. Selesai nonton, saya dan suami sudah bersiap untuk mengembalikan properti itu, eeh.. ternyata donk jangankan petugas, keranjang buat naruh kacamatanya aja enggak ada, hehe..
Lalu saya celingak-celinguk mencari petugasnya (tetep niatnya mau balikin kacamata 3D nya), tapi tetap saja nggak ada tanda-tanda dimana saya bisa balikin. Well, kalau di Indonesia, baru keluar aja pasti udah disambut petugas yang siap menerima kacamata tersebut ya..

Dari cerita saya ini, sekarang jadi ngerti kan bedanya bioskop di Indonesia dengan yang di UK. At some point, memang bioskop disini menerapkan sistem kepercayaan banget ya sama penontonnya (eh,, jadi inget pelajaran IPS pake sistem kepercayaan, lol). Tapi bagaimanapun, saya tetap lebih cinta sama bioskop di Indonesia terutama karena bahasanya nggak bikin kedua alis saya naik mikirin dialognya pas nonton film, dan juga pasti karena harganya lebih miring dimana harga satu tiket disini bisa saya pakai buat beli dua tiket di Indonesia, tambah popcorn nya, juga sekalian ayam bakar megarianya,, huehuehue..

Sampai jumpa di postingan tentang pengalaman-pengalaman lainnya ya...
*masih nyesek gegara ga bisa nonton AADC 2 di bioskop, huhuhu...




No comments:

Post a Comment